30 Petani Teluk Bayur Ikuti Pelatihan Tematik Alsintan

Category:

BERAU, MK – Bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Berau dan P4S Manunggal Karsa, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang menggelar praktik lapang pelatihan tematik Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Angkatan IV bagi petani di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Praktik Lapang yang dilangsungkan pada 22 Juli 2018 di Kecamatan Teluk Bayur ini diikuti sebanyak 30 petani area Teluk Bayur.

Alat yang di praktikkan, antara lain Indo Jarwo transplanter, Tractor Kubota Bajak Rotary dan Hand tractor.

Ria Kartika, salah satu peserta wanita yang ikut pelatihan ini mengatakan, dengan adanya praktik ini petani lebih terbuka pemahaman dan wawasannya, sehingga berharap pelatihan ini bisa melahirkan operator-operator Alsintan yang paham akan fungsi dan penggunaan alsintan.

“Pada praktik lapangan, peserta tidak hanya mengenal, namun juga dapat mempraktekkan bagaimana cara mengoperasikan Alsintan,” jelasnya.

Ia juga mengaku senang dengan pelatihan ini. “Setelah mempraktikkan penggunaan traktor roda bajak Rotary, Handtranktor dan transpalanter, saya merasa sangat senang dan menambah wawasan dalam mengoperasikan alat mesin pertanian,” ujarnya.

Secara pribadi Ria mengucapkan banyak terima kasih kepada BBPP Binuang karena sudah memfasilitasi dalam berlatih mengoperasionalkan, mengelola dan merawat Alsintan.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati mengatakan, bukan cuma dapat mengoperasikannya, tetapi juga bisa merawat dan mengelola Alsintan dengan baik.

“Karena saat ini Kabupaten Berau banyak memiliki Alsintan, namun masih minim operator,” imbuhnya.

Sementara itu, Mukalal selaku Fasilitator dari P4S Manunggal Karsa menambahkan, pada pelatihan ini dilakukan dengan pola, di antaranya yang pertama klasikal, kemudian kedua praktek lapangan dan review kegiatan yang telah dilakukan.[bayu/retno]

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *