Perilaku Pertanian Jadi Rutinitas Peserta Pelatihan Alih Kelompok Angkatan II Mengawali Pagi

Category:
BINUANG, Pemandangan tak biasa dalam beberapa hari terakhir, tampak di lokasi kebun praktik Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019).
Sedikitnya 29 peserta Penyuluh Pertanian Alih Kelompok Angkatan II terlihat kompak dan ramai mengikuti perilaku pertanian. Mereka ini berasal dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.
Perilaku Pertanian merupakan kegiatan peserta pelatihan yang digelar di pagi hari, mulai pukul 06.00 sampai 07.00 Wita dengan materi praktik pertanian. Perilaku pertanian ini bisa dilakukan berupa pengolahan tanah, penanaman dan penerapan teknologi pertanian.
Sudah dua hari ini peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan yang sarat dengan canda tawa. Sebagian mereka mengolah lahan pertanian agar siap tanam, sedang sebagian lagi memanen kebun kakao sekaligus melalukan sanitasi kebun.
Tak hanya peserta, kegiatan perilaku pertanian ini turut diikuti panitia pelatihan. Campur baur antara panitia dan peserta ini semakin menunjukkan kekompakan antara di antara mereka.
Terkait kegiatan perilaku pertanian ini,  Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si menjelaskan, mengingat penyuluh pertanian merupakan agen perubahan dan menjadi pendamping petani, perilaku pertanian ini menjadi cerminan bagi masyarakat untuk semangat dan cinta pertanian.
Perilaku pertanian yang merupakan bagian dari kegiatan Penyuluh Pertanian Alih Kelompok Angkatan II ini akan dilaksanakan setiap hari selama pelatihan berlangsung. Penyuluh Pertanian Alih Kelompok Angkatan II sendiri dilangsungkan selama 14 hari, dari 4 hingga 18 Juli 2019.
“Ini diharapkan bisa membangkitkan semangat penyuluh dan petani untuk membangun pertanian yang lebih baik,” pungkas Yulia.[bayu]
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *