Gelar Pelatihan Kelembagaan P4S, Yulia: P4S dan Ikamaja Bisa Jalin Kemitraan Bangun Korporasi Petani

Category:
SAMBAS, Bukan sekedar berpartisipasi, di Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) XII di Kabupaten Sambas, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang juga memfasilitasi pertemuan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan (P4S) se-Kalimantan Barat melalui pelatihan penguatan kapasitas P4S. Pelatihan penguatan kapasitas, Minggu (4/8/2019) dibuka langsung Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, sekaligus memberikan materi tentang menumbuhkembangkan P4S.
Materi ini dinilai penting, mengingat P4S didirikan oleh petani, dimiliki oleh petani dan dikelola oleh petani dan untuk petani. “Saya yakin P4S memiliki pengelola yang hebat yang menguasai teknologi pertanian dan memiliki kemampuan mentransferkan teknologi tersebut ke orang lain”, ujar Yulia
Yulia juga berharap P4S membangun kemitraan dengan Ikatan Magang Jepang (Ikamaja) untuk membangun korporasi petani. Apalagi Ikamaja memiliki kemampuan mengaplikasikan teknologi yang dibawa dari Jepang untuk diterapkan dalam produksi pertanian.
Sementara P4S sendiri berisikan orang- orang yang sudah memiliki banyak jejaring, baik dengan pemerintah maupun swasta dan KTNA, sehingga bergerak di sektor hilir. “P4S bisa membangun stasiun agribisnis yang menjadi sentra pemasaran produk petani di sekitar wilayahnya dan mampu menyediakan input bagi petani di sekitarnya, sehingga harga jual yang diterima petani menguntungkan karena tidak ketergantungan lagi dengan tengkulak,” papar Yulia.
Pelatihan ini sekaligus menjadi ajang sosialisasi bagi petani maju lainnya yang ingin menumbuhkan Kelompok Tani (Poktan) maupun Gabunga Kelompok Tani (Gapoktan) dan usaha taninya menjadi P4S. Terbukti melalui kegiatan ini sebanyak 10 Poktan dan atau Gapoktan serta petani maju mendaftarkan diri untuk menjadikan lembaga P4S.
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *