Kunjungi Pertani, Peserta Pelatihan Vokasi Produksi Benih Tanaman Padi Siap Jalin Kerja Sama

Category:
KANDANGAN, MK – Kunjungan lapangan ke Unit Produksi Benih PT. Pertani di Hariti Kabupaten Hulu Sungai Selatan dilakukan peserta Pelatihan Vokasi Produksi Benih Tanaman Padi balai besar pelatihan pertanian (BBPP) Binuang, sabtu (3/8/2019).
Kunjungan lapangan dengan materi tentang distribusi benih ini dibimbing Widyaiswara BBPP Binuang, Susmawati. Kedatangan mereka diterima pimpinan UPB PT. Pertani, Ahyar. Dalam sambutannya, Ahyar pimpinan menyambut baik dan mengaku senang, karena dapat menjalin kemitraan atau kerja sama dengan peserta pelatihan yang merupakan para penangkar benih. “Ada dua bentuk kerja sama, pertama adalah kerja sama produksi, dan kedua adalah kerja sama pemasaran,” jelasnya.
Menurut Ahyar, dalam kerja sama produksi, penangkar bekerja sama dengan Pertani memproduksi benih mulai dari awal sampai dengan proses sertifikasinya. Teknologi produksi benih dikawal Pertani. Untuk kerja sama pemasaran, lanjut Ahyar, penangkar menjual benih kepada Pertani untuk kemudian Pertani mengemas ulang benih padi dengan balik nama label menjadi PT. Pertani.
Kegiatan kunjungan kemudian dilanjutkan dengan proses diskusi, dengan tujuan untuk menjajaki kerja sama antara penangkar dengan PT. Pertani. Sebagai contoh, Kuatno, penangkar dari Penajam Paser Utara. Dia menghendaki untuk memproduksi benih Inpara 2. Sedang Syamsudin dari Martapura Barat menghendaki penyediaan benih untuk program tanam bulan Oktober, karena masih kekurangan benih terutama varietas padi di lahan rawa.
Setelah diskusi, kegiatan dilanjutkan ke pengolahan calon benih. Di situ peserta belajar mulai pengolahan calon benih sampai dengan pengemasan benih hingga siap edar.
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *