Maksimalkan Penggunaan Alsintan, BBPP Binuang Kembali Gelar Pelatihan Tematik

Category:
RANTAU,  Bekerjasama dengan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tapin, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang kembali menggelar Pelatihan Tematik Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Kali ini, Pelatihan Tematik Alsintan Angkatan VII dilangsungkan selama empat hari, mulai 7 hingga 9 Agustus 2019 di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tapin Selatan, Kabupaten Tapin.
Kegiatan edukasi pertaniam ini diikuti sebanyak 30 petani yang berasal dari Kecamatan Tapin Selatan, Tapin Tengah Tapin Utara, Bakarangan, Bungur, dan Lakpaikat Kepala Distan Tapin yang diwakili Sekretaris, Aji Budiono dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan, Rabu (7/8/2019) mengatakan, pelatihan ini sejatinya bukan hanya bisa membuat petani menggunakan Alsintan, tetapi juga bisa melakukan perawatan rutin hingga apabila terjadi kerusakan petani bisa memperbaikinya.
“Harapan saya, hasil dari gelaran pelatihan ini akan terciptanya operator-operator Alsintan yang andal, dan juga bisa melakukan perawatan jika ada kerusakan ringan pada Alsintan,” tuturnya. Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam pelatihan ini menambahkan, pelatihan ini tertujuan agar Alsintan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tapin khususnya, dan Indonesia pada umumnya, dapat digunakan secara maksimal dan semuanya dipastikan terpakai.
Yulia meminta agar petani bisa menumbuhkembangkan Kelompok Ekonomi Bersama yang bergerak di bidang pertanian, sehingga kesejahteraan petani dapat terangkat dengan adanya kelembagaan yang dibentuk dan digerakkan bersama oleh petani. “Pola pelatihan yang dilaksanakan dilakukan beberapa pola, di antaranya yang pertama klasikal, kemudian kedua praktek lapangan,” imbuhnya. Untuk Widyaiswara dan fasitator dalam kegiatan ini dipercayakan kepada Retno Hermawan dari BBPP Binuang, Deden dari BPP Tapin Selatan, dan Ansyari dari Distan Tapin.
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *