BBPP Binuang Gelar Pelatihan Serentak, Andi Santiaji: Pertanian Miliki Arti Penting Bagi Upaya Kemajuan Bangsa dan Negara

Category:

TANJUNG SELOR, Lagi, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang berpartisipasi dalam kegiatan yang dihajat Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara bertajuk Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) Kalimantan Utara, Senin (9/9/2019).

Partisipasi yang dimaksud adalah pelatihan tematik yang digelar secara serentak sebanyak 4 angkatan dan diikuti 120 petani se-Kalimantan Utara. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari, 9 hingga 11 September 2019.

Gelaran pelatihan ini merupakan kerja sama dengan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara dan Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan.

“Dalam pelatihan ini akan disampaikan tiga kelompok materi yang akan dilatihkan kepada peserta, di antaranya materi kelompok dasar, kelompok inti dan kelompok penunjang,” tutur Kepala Bidang Penyelenggaan Pelatihan BBPP Binuang, Muhammad Khairudin.

Untuk materi kelompok dasar, yakni Kebijakan Pembangunan Pertanian di Provinsi Kalimantan Utara disampaikan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Kaltara, Andi Santiaji Pananrangi.

Pada kesempatan ini, Andi mengatakan, pertanian memiliki arti penting bagi upaya kemajuan bangsa dan negara. Karena secara universal pertanian menjadi sumber kehidupan bagi manusia.

Menurutnya, negara dan bangsa yang kuat dan maju bisa bisa diwujudkan jika didukung oleh pertanian yang kuat dan tangguh. Begitu juga dalam lingkup lokal.

“Potensi pertanian dan perikanan kita cukup besar. Karena itu perlu menjadi perhatian kita semua. Melalui pelatihan ini dan momen PEDA KTNA ini kita harapkan ada tukar pengalaman dan loncatan kapasitas petani nelayan kita untuk mengembangkan potensi pertanian-perikanan yang ada,” tutupnya.

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *