Optimalkan Manfaat Alsintan, Kelompok Petani Cintapuri Ikuti Pelatihan Alsintan

Category:
MARTAPURA, MK – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian saat ini telah banyak membantu kelompok petani di lapangan, satu di antaranya berupa pemberian hibah Alat Mesin Pertanian (Alsintan).
Sayang, kenyataan di lapangan bantuan ini tampak beluml optimal lantaran masih banyak kelompok tani yang belum mampu menggunakan, mengoperasikan hingga melakukan perawatan atau maintenance Alsintan.
Didasari kondisi ini, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menggelar Pelatihan Tematik Alsintan Angkatan VIII.
Pelatihan ini diselenggarakan selama 3 hari, mulai 26 Agustus sampai dengan 28 Agustus 2019 di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Cintapuri Darussalam, Kabupaten Banjar.
Untuk materi pelatihan ini disampaikan Kepala BPP Cintapuri, Karso SP dan Fasilitator Alsintan, Joko Purnomo SP.
Kasi Penyelenggara Pelatihan Non Aparatur, Jirry Dwi Sambodo SP SE pada kesempatan ini mengungkapkan, petani di Kecamatan cintapuri sangat antusias mengikuti pelatihan ini, apalagi di sini mereka mendapat wawasan mengenai penggunaan Alsintan.
“Petani Desa Cintapuri sangat membutuhkan pelatihan dari BBPP Binuang, khususnya pelatihan Alsintan. Petani butuh keterampilan tersebut,” tuturnya.
Praktik lapangan pada pelatihan ini langsung mengoperasikan traktor roda 2 dan traktor roda 4. Selain itu, peserta pelatihan juga mendapat ilmu mengenai simulasi praktik usaha berupa perhitungan sewa laba hasil penggunaan Alsintan, di mana materi yang satu ini disampaikan Widyaiswara BBPP Binuang, Budiono SP MM.
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *