Kolaborasi BBPP Binuang, Pemkab Kukar Dan BPTP Kaltim Laksanakan Percepatan Tanam

Category:

TENGGARONG, HUMAS – Bersama Bupati Kutai Kartanegara Drs Edi Damansyah M.Si, puluhan peserta Pelatihan Tematik Tanaman Jagung Angkatan II melakukam penanaman bibit jagung di Desa Semayang.

Materi praktik di hari ketiga pelatihan tematik, Senin (30/9/2019) ini, juga dimaksudkan sebagai Gerakan Percepatan Tanam di Danau Semayang, Desa Semayang, Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pun dengan target tambah tanam padi seluas 500 hektare untuk tanam padi, juga dilakukan peserta bersama orang nomor satu di Kukar. Ini tak lain dalam rangka melaksanakan penanaman gerakan percepatan tambah tanam.

Di momen ini, Bupati Edi menyampaikan terima kasih kepada Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang untuk supportingnya terhadap pembambungunan pertanian di Desa Semayang.

Menurut Edi, sumber daya pertanian di Desa Semayang mempunyai potensi yang sangat besar. Hanya saja pengelolaannya tidak dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat.

Saat ini masyarakat hanya memanfaatkan potensi sumber daya perikanan hasil tangkapan ikan di Danau Semayang. Padahal potensi sumber daya alam komoditi pertanian sangat potensial, di mana Desa Semayang memiliki sumber daya lahan pertanian yang sangat luas dan subur yang sampai saat ini belum tergarap sama sekali oleh masyarakat.

“Dengan keadaan ini, saya berharap pada BBPP Binuang dapat mengawal perkembangan SDM pertanian di Desa Semayang,” harap Edi.

Sementara itu, Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si menyarankan Pemkab Kukar untuk segera menyiapkan pelatihan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) di Desa Semayang.

“Pertanian di sini akan lebih efisien dan efektif apabila dilakukan pengelolaannya dengan memanfaatkan Alsintan,” jelas Yulia.

Di sesi penutup pelatihan tematik tiga hari, 28 hingga 30 September 2019 ini, juga tampak turut dalam gerakan penanaman bersama Bupati Edi ini Kepala BPTP Kalimantan Timur, Camat Kenohan, Pejabat Kejaksaan Kukar serta jajaran Muspida.[suhadi/bayu

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *