Aksi Tanam Jeruk dan Jagung di Lokasi Program #SERASI

Category:
MARTAPURA, HUMAS – Upaya menyukseskan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau disingkat #SERASI, dilakukan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar dengan kegiatan penanaman bibit jeruk siam sebanyak 100 batang di kawasan Sungai Tabuk, Sabtu (2/2/2019).
Aksi dari Dinas TPH Kabupaten Banjar ini turut diikuti penyuluh pertanian Kabupaten Banjar, petani dari empat Kelompok tani di Desa Keliling Benteng dan Tajau Landung, BPTP Kalimantan Selatan dan Tim BBPP Binuang.
Ini mereka lakukan juga sebagai upaya intensifikasi dengan pemanfaatan galangan dengan penanaman tanaman jeruk, jagung serta tanaman sayuran seperti tomat, terong, cabe, mentimun dan kacang panjang.
Menurut Soleh Wahyudi, SST Widyaiswara dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, untuk jeruk perdana ditanam sebanyak 100 batang. Rencananya akan kembali ditanam sebanyak 1.500 batang pohon jeruk dan jagung di sepanjang pematang.
“Tujuan dari penanaman pohon jeruk dan jagung ini dalam rangka diversifikasi dan mengefektifkan pemanfaatan lahan, sehingga nantinya selain padi juga menghasilkan tanaman lain yang bernilai ekonomi,” terangnya.
SERASI sendiri merupakan program pengembangan lahan rawa dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI).[bayu/mia]
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *