Bekali Penyuluh Pertanian Ahli, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Tujuh Angkatan

Category:

BINUANG, Pasca diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Fungsional, para penyuluh pertanian ahli yang notabene berpendidikan Strata Satu (S-1) atau minimal Diploma IV Bidang Pertanian pun harus melewati sejumlah program pelatihan dasar.

Ini dinilai penting untuk membekali penyuluh pertanian ini dalam perannya sebagai garda terdepan untuk turut aktif meningkatkan kemajuan pembangunan pertanian di Tanah Air.

Kegiatan bertajuk Pelatihan Dasar Fungsional bagi Penyuluh Pertanian Ahli ini juga digelar Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang. Total ada tujuh pelatihan yang dilangsungkan sepanjang 2018 ini.

“Untuk Pelatihan Dasar Fungsional bagi Penyuluh Pertanian Ahli dilaksanakan sebanyak tujuh angkatan, dan diikuti sebanyak 220 penyuluh pertanian ahli,” terang Kabid Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Binuang, Ir Muhammad Khairuddin, Jumat (16/11/2018).

Untuk pelatihan yang digelar sejak 10 April hingga 15 November 2018 ini, BBPP Binuang juga bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Latihan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BPLP3K) Anjungan dan UPT Diklat Pendidikan, Kalimantan Barat, serta Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Sempaja, Kalimantan Timur.

“Pelatihan bagi penyuluh pertanian ahli ini digelar secara bertahap, dari bulan ke bulan, mulai 10 April sampai dengan 15 November 2018. Tempat pelatihan di BBPP Binuang, BPLP3K Anjungan, UPT Diklat dan BPPSDM Sempaja,” paparnya.

Khairuddin berharap semua materi yang disampaikan narasumber dalam pelatihan ini mampu memotivasi sekaligus diterapkan penyuluh pertanian ahli di lapangan.

“Banyaknya materi yang disampaikan dalam pelatihan diharapkan menjadi bekal bagi penyuluh pertanian ahli dalam membina dan memajukan pembangunan pertanian,” tuturnya.

Terlepas dari itu, lanjut Khairuddin, yang pasti agenda kerja BBPP Binuang dalam meningkatkan kualitas penyuluh pertanian sekaligus dalam rangka memajukan pembangunan pertanian sepanjang 2018, berjalan sesuai rencana.

“Program pelatihan di tahun 2018 ini sudah mencapai 100 persen. Dan semua pelatihan ini berasal dari anggaran BBPP Binuang,” pungkas Khairuddin.[bayu/mia]

Berikut Realisasi Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Terampil 2018
1.Angkatan I digelar 10 – 30 April di BPLP3K Anjungan, 40 orang
2.Angkatan II digelar 11 – 31 Juli di BBPP Binuang, 29 orang
3.Angkatan III digelar 25 Juli – 14 Agustus di BPPSDM Sempaja, 29 orang
4.Angkatan IV digelar 25 juli – 14 agustus di UPT Diklat Kalbar, 29 orang
5.Angkatan V digelar 25 Agustus – 18 September di BBPP Binuang, 33 orang
6.Angkatan VI digelar 19 September – 9 Oktober di BBPP Binuang, 29 orang
7.Angkatan VII digelar 26 Oktober – 15 November di BBPP Binuang, 31 orang

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *