BPPSDMP Siap Gelar Pelatihan Di Lokasi Pilot Project #SERASI

Category:

MARTAPURA, HUMAS – Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), melalui Pusat Pelatihan Pertanian siap memberikan pelatihan yang dibutuhkan kepada petani, khususnya petani milenial di lokasi pilot project Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di Desa Tadau Lanjung dan Keliling Benteng Ilir, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Ini disampaikan pada saat kunjungan kerja Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya ke Posko SERASI BPPSDMP. Dalam kunkernya ini, Bustanul didampingi Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati MSi, Sabtu (12/1/2019).

Dalam kunker ini dilakukan diskusi yang turut dihadiri penyuluh pertanian dan petani. Pada kesempatab ini, Bustanul mengatakan, program Serasi ini adalah salah satu program Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk menyelamatkan rawa dan mensejahterakan petani.

“Kegiatan ini harus dilakukan bersama-sama, berkoordinasi baik di tingkat pusat maupun dengan daerah, program ini adalah program strategis nasional, jadi perlu dilaksanakan dengan saling koordinasi,” terangnya.

Bustanul mengharapkan, target-target yang ditelah ditetapkan ini agar betul-betul dikawal dan perlu dukungan infrastrtuktur yang memadai, termasuk juga pemberdayaan petani untuk mengungkit program ini.

“Menurunnya lahan pertanian dari tahun ke tahun sebagai akibat alih fungsi pertanian, tidak ada pilihan lain lahan rawa yang selama ini tidak tergarapkan perlu dibangun agar menjadi kekuatan dan sekaligus penyediaan lahan,” jelasnya.

Dalam mengelola lahan rawa, lanjutnya, pengaturan tata kelola air yang baik, menjadi suatu keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi.

“Tugas kita menyiapkan SDM, mulai dari mengidentifikasi calon peserta latih sampai dengan pembekalan atau pelatihan sesuai kebutuhan untuk mendukung program Serasi tersebut. Optimalkan poktan dan gapoktan serta UPJA yang ada, identifikasi juga kebutuhan alat mesin pertanian (Alsintan),” pintanya.

Di akhir diskusi, Bustanul menyampaikan BPPSDMP melalui Pusat Pelatihan Pertanian, mengamanatkan kepada BBPP Binuang untuk berperan memberikan pelatihan mulai dari pelatihan Alsintan, pengelolaan Kelompok, budidaya sampai dengan pemasaran hasil.[bayu/mk]

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *