BPS Tapin Gelar Pelatihan Petugas Lapangan Sensus 2020 di BBPP Binuang

Category:

Sebagai bentuk kerjasama sekaligus memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tapin menggelar pelatihan pemetaan dan pemuktahiran muatan wilayah kerja statistik Sensus Penduduk 2020 di BBPP Binuang.

Perwakilan BPS Tapin, Sarbani S.ST, Minggu (31/3/2019) mengungkapkan, pelatihan ini akan diselenggarakan dalam 2 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan mulai 30 Maret 2019 hingga 1 April 2019.

“Jumlah peserta dalam gelombang pertama, yaitu 53 orang, terdiri dari 27 peserta laki-Laki dan 26 peserta perempuan,” jelasnya.

Untuk gelombang kedua, lanjut Sarbani, akan dimulai dari 2 sampai 4 April 2019, di mana jumlah pesertanya 56 orang, terdiri dari 28 peserta laki-laki dan 28 perempuan.

“Jadi jumlah total keseluruhan peserta pelatihan dalam 2 gelombang sebanyak 109 orang,” terangnya.

Instruktur daerah untuk pelatihan ini berasal dari BPS Tapin sebanyak 2 orang, yang mana instruktur ini telah dilatih selama 4 hari di BPS Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan konsep dan definisi tentang pemetaan dan pemuktahiran wilayah kerja statistik Sensus Penduduk tahun 2020,” bebernya.

Selain itu, BPS Tapin juga memberikan materi tentang pelaksanaan lapangan, pemetaan, dan wilayah kerja statistik Sensus Penduduk 2020, sesuai dengan SOP kepada petugas yang nanti bertugas di lapangan.

BPS Tapin sendiri bekerjasama dengan BBPP Binuang dalam hal sarana prasarana, seperti fasilitas asrama, fasilitas kelas belajar, dan fasilitas konsumsi. Ini dikarenakan di Tapin Belum ada hotel yang mampu menampung peserta dengan fasilitas kelas belajar dan kamar tidur dalam jumlah besar, sehingga dipilih BBPP Binuang sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan.

Di momen ini, Sarbaini mengaku cukup puas dengan fasilitas asrama yang dimiliki BBPP Binuang, di mana sudah dilengkapi televisi, AC, meja dan tempat tidur. Selain itu, fasilitas kelas juga sudah dilengkapi dengan AC, LCD, sound system dan air mineral.[irfan/bayu]

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *