Buka Pelatihan Tematik, Kepala Distanak Kukar: Penyuluh Pertanian Harus Kawal Program Tumpangsari Tanaman

Category:
SEBULU – Pelatihan Tematik Tumpangsari Tanaman Angkatan I resmi digelar Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (23/4/2019).
Pelatihan ini dibuka Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, Sutikno SP MM dan dihadiri Sekretaris Camat Kecamatan Sebulu, Koordinator BPP Sebulu, penyuluh pertanian dan jajaran Distanak Kukar, serta petugas dari BBPP Binuang.
Di momen pembukaan, Sutikno menyampaikan, Kabupaten Kukar mendapatkan program penanaman tumpang sari tanaman. Untuk program yang ada, yaitu penanaman padi gogo dan jagung.
“Program ini didukung dengan bantuan padi gogo inpago 8 dan jagung bisi 18,” terangnya.
Sutikno mengatakan, sesuai arahan Bupati Kukar, penyuluh harus mengawal program tersebut. Penyuluh diminta menyampaikan program yang ada dan membantu, baik secara teknis maupun kelembagaannya. Pertanian juga didukung dengan Alsintan, mulai dari tanam sampai panen.
“Ke depannya pertanaman akan diintegrasikan dengan peternakan.  Integrasi tersebut dilakukan untuk memanfaatkan limbah pertanian,” jelasnya.
Seluruh program ini dimonitor oleh Bupati Kukar. “Bupati juga sering berkunjung ke lapangan untuk melihat kondisi lapangan terutama di bidang pertanian,” pungkasnya.[bayu/mia]
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *