Dr Ir Zahron Helmy, MP: Visi dari BPPSDMP adalah Menghasilkan SDM Pertanian Profesional, Mandiri, dan Berdaya Saing

Category:

Penyampaian Materi kebijakan dan Strategi Penyuluh Pertanian Oleh Bapak Dr Ir Zahron Helmy, MP

BINUANG, 22 Juli 2018. Peserta Pelatihan dasar fungsional bagi penyuluh pertanian baik ahli maupun terampil yang diberlangsung di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang. Mendapat Pemateri tamu dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Bapak Dr Ir Zahron Helmy, MP Beliau merupakan Kepala Bidang Penyelenggaraan, Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP.


Dalam Pemaparannya dengan tema kebijakan dan strategi penyuluh pertanian, beliau mengingatkan arah kebijakan penyuluhan dan SDM pertanian yang sejalan dengan visi kementerian pertanian untuk mencapai kedaulatan pangan serta menjadikan petani sejahtera, serta dijabarkan pula dalam visi dan misi BPPSDMP, dengan visi untuk menghasilkan SDM pertanian profesional, mandiri, dan berdaya saing. Serta misi Memantapkan sistem penyuluhan pertanian terpadu dan berkelanjutan, Memeperkuat pendidikan pertanian yang kredibel, dan Memantapkan sistem pelatihan, standarisasi dan sertifikasi profesi pertanian berbasis kompetensi dan daya saing.
Kegiatan penyampaian materi yang diikuti oleh 58 peserta dari penyuluh ahli dan terampil yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah ini juga disampaikan enam langkah operasional pertama Balai Penyuluhan Pertanian pusat program dan kegiatan pembangunan pertanian di wilayah (basis kawasan), Kedua penumbuhan dan pengembangan penyuluh pertanian swadaya, ketiga pemantapan pos penyuluhan terpadu, keempat optimalisasi simluhtan sebagai pusat data aparatur dan non aparatur sumberdaya manusia pertanian, kelima optimalisasi cyber extension sebagai saluran informasi materi dan teknologi hasil penelitian (lembaga) dan kajian dari petani, dan keenam integrasi penyuluhan dan penelitian dalam rangka penderasan teknologi dan informasi spesifik lokalita. (CS)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *