Dukung Pengembangan Komoditas Strategis Pertanian, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Tematik Kakao Di Barito Selatan

Category:
BUNTOK, HUMAS – Mendukung pengembangan komoditas strategis pertanian di Kalimantan, sudah menjadi komitmen Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang. Satu di antaranya diwujudkan dengan mengelar Pelatihan Tematik Kakao Angkatan III di Desa Pendang.
Pelatihan Tematik Kakao yang digelar selama tiga hari, dari 25 hingga 27 Juni 2019 ini dilangsungkan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Pendang, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.
Pemilihan lokasi pelatihan bukan tanpa alasan, mengingat Kabupaten Barito Selatan merupakan daerah yang potensial untuk pengembangan tanaman Kakao. Pelatihan ini sendiri diikuti 30 peserta yang merupakan para petani Kakao di Kecamatan Dusun Utara.
Kepala BPP Pendang Kecamatan Dusun Utara, Suriani SP menyambut gembira pelatihan tematik Kakao ini karena petani di wilayah kerjanya sangat memerlukan pelatihan ini, terutama untuk pemeliharaan dan hama penyakit tanaman Kakao. Apalagi rata-rata petani di wilayah ini baru pertama kali menanam Kakao.
Sementara itu, Widyaiswara BBPP Binuang, Susmawati SP MP mengungkapkan, pelatihan ini lebih mengedepankan praktik dengan proporsi antara teori dan praktik, tepatnya 30 persen teori dan 70 persen praktik di kebun.
“Harapan tujuan dari pelatihan ini, tak lain untuk meningkatkan kompetensi petani dalam teknis budidaya tanaman Kakao dapat tercapai,” terang Susmawati.
Sementara itu dalam sambutan pembukaan, Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan, Sri Dewi Yani SP berharap pelatihan tematik Kakao ini dapat meningkatkan pemahaman petani dalam teknis budidaya Kakao sehingga ke depan semakin menumbuhkan minat para petani untuk memilih tanaman Kakao sebagai pilihan komoditas yang diusahakan.[cs/bayu]
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *