Dukung #SERASI, BBPP Binuang Kondisikan Persiapan Pengembangan SDM

Category:
PELAIHARI, HUMAS – Mendukung program #SERASI, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang kembali mengondisikan persiapan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di salah satu dari enam kabupaten program #SERASI di Kalimantan Selatan.
Salah satu kabupaten itu, yakni Kabupaten Tanah Laut, dengan target luas tanam program #SERASI seluas 30.000 hektare.
Berdasar data di lapangan, Kabupaten Tanah Laut sesuai dengan SK Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Nomor: 115 Tahun 2019 Tanggal 8 Januari 2019, target sementara yang dipenuhi sebesar 17.750 hektare, dengan total jumlah kelompok tani 581.
Dalam mendukung program #SERASI tersebut, BBPP Binuang akan melaksanakan pelatihan tematik dan bimbingan teknik (Bimtek) untuk Calon Pelaksana Calon Lokasi (CPCL) kelompok tani penerima bantuan program #SERASI serta pendampingan kelompok tani dalam pembentukan KUB berbasis corporratif.
Selaras dengan upaya pengembangan SDM pertanian, serta dukungan rencana kegiatan panen raya di Kabupaten Tanah Laut pada 25 hingga 28 Februari 2019 yang akan dihadiri oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.
BBPP Binuang rencananya melaksanakan Pelatihan Tematik Alsintan dan Bimbingan Teknis Integrasi padi dan hortikultura di lokasi panen raya.
Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asri Kurniawati M.Si saat berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Ir Ahmad Muhtadi MM, Rabu (13/2/2019) memaparkan, pada materi Pelatihan Tematik Alsintan, peserta akan dilatih untuk pengoperasian rice transplanter, combaine hasventer, traktor roda 2/4.
“Juga dilanjutkan dengan praktik mengoperasikan Alsintan tersebut saat panen raya dan disaksikan oleh Menteri Pertanian,” imbuh Yulia.
Antusias dan apresiasi ditunjukkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Muhtadi, atas dukungan BBPP Binuang terhadap pengembangan SDM dan keberhasilan program #SERASI di Kabupaten Tanah Laut.
Muhtadi menjelaskan, agenda panen raya adalah panen raya padi yang akan dilaksanakan di Kecamatan Kurau. Kemudian juga meninjau industri bahan olah karet (bokar) dan panen raya jagung.
“Untuk lokasi masih dievaluasi, kesiapan lahan panen ada dua alternatif lokasi, yaitu di Kecamatan Batu Ampar atau Kecamatan Panyipatan,” terang Muhtadi.
Pada kesempatan ini, Yulia yang turut didampingi Agus Sumantri, Kepala Seksi Program dan Kerjasama BBPP Binuang, menyempatkan diri menyurvei lokasi panen raya padi bersama dengan Kepala BPP Kecamatan Kurau, Budi SP .
“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada BBPP Binuang yang turut serta dalam pengembangan SDM kelompok tani binaan kami,” timpal Budi.[bayu/sumantri]
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *