Gulirkan Swasembada Kedelai Di Tanah Bumbu, BBPP Binuang Lakukan IKP

Category:

BATULICIN, BBPP Binuang – Program swasembada kedelai digulirkan di 2018 ini. Karena itu, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang melaksanakan pelatihan tematik kedelai bagi petani. Kegiatan ini akan dilaksanakan di beberapa wilayah, sesuai dengan tersedianya Calon Petani Calon Lokasi (CPCL).

Salah satunya ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Kabupaten ini dinilai merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapatkan program produksi kedelai dengan target luasan 3.485 hektare.

Program produksi kedelai dengan target yang sudah dicanangkan di Bumi Bersujud ini, disebar di enam kecamatan. Di antaranya Kecamatan Mantewe, Karang Bintang, Sungai Loban, Kusan Hulu, Kusan Hilir, dan Satui. Tentunya dengan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan (IKP) tematik kedelai.

Menurut Petugas Pelaksana IKP BBPP Binuang, Soleh Wahyudi, Jumat (6/4/2018), program pelatihan ini bertujuan agar petani mendapatkan bimbingan awal sebagai panduan budidaya kedelai sesuai teknologi rekomendasi. Dalam program pelatihan tematik ini, materi yang akan disampaikan merupakan materi-materi yang memang benar-benar dibutuhkan oleh petani.

“Jadi dalam rangka memenuhi kebutuhan materi yang sesuai kebutuhan petani ini, Balai Besar Pelatihan Pertanian melaksanakan identifikasi kebutuhan pelatihan,” imbuhnya.

Teknis pelaksanaan IKP ini dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan petani penerima manfaat program kedelai, dengan menggunakan instrumen IKP yang sudah dipersiapkan.

“Setelah pelaksanaan wawancara dan pengisian instrumen IKP, akan diolah melibatkan calon fasilitator sehingga menghasilkan Kurikulum pelatihan,” pungkasnya.[rilis/swd]

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *