Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Vokasi Tanaman Organik dan Produksi Benih Tanaman

Category:

PULAU LAUT, HUMAS – Bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortkultura dan Kehutanan Kabupaten Kotabaru, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang melaksanakan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan (IKP) vokasi dan calon peserta sertifikasi kompetensi keahlian bidang pertanian di Desa Kulipak, Kecamatan Pulau Laut Timur, Kotabaru, Senin (25/3/2019).

Kelancaran kegiatan yang ditujukan kepada calon peserta sertifikasi kompetensi di kecamatan sentra tanaman padi ini juga tak lepas dari andil Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berangas.

Tota Totor Naibaho SP MP, Widyaiswara/Petugas IKP mengungkapkan, calon peserta bidang pertanian yang akan diidentifikasi berjumlah sebelas orang, terdiri dari pelatihan vokasi pertanian organik sebanyak lima orang dan pelatihan vokasi produksi benih tanaman padi berjumlah enam orang.

“Kesemua peserta yang sudah lolos identifikasi dan verifikasi dari petugas, nantinya akan dilatih sesuai kurikulum sesuai bidangnya dan akan ada proses pemberian sertifikat kompeten melalui uji kompetensi yang mengacu pada standart kompetensi kerja baik bersifat nasional dan internasional,” papar Tota.

Sementara itu, Dwi Megoyoso, Koordinator BPP Berangas mengemukakan, calon peserta yang berada di daerahnya sudah memenuhi syarat yang diajukan dari BBPP Binuang.

“Antara lain syaratnya adalah berpengalaman di bidang pertanian organic minimal satu tahun dan belum pernah mengikuti pelatihan serta sertifikasi profesi pertanian organic,” tutupnya.[bayu/mia]

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *