Kepala BPPSDMP Minta BBPP Binuang Selesaikan Tiga Poin Pekerjaan Rumah

Category:

BINUANG, MK – Tiga poin catatan penting dikantongi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDP), Kementerian Pertanian, Dr Ir Momon Rusmono MS. Tiga poin permasalahan ini ditemukan saat kunjungan optimalisasi pemanfaatan Alsintan di kelompok tani Desa Serawi Puting, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kamis (28/6/2018).

“Petani padi di Desa Serawi Puting ini pada umumnya mengalami permasalah di dalam memasarkan gabahnya kepada para pembeli,” ungkap Momon.

Menurut Momon, pembeli tidak membeli gabah mereka tanpa memberikan alasan secara pasti. Fakta ini diungkapkan Sulaiman, Ketua kelompok tani Desa Serawi. “Pembeli tak memberikan alasan, kenapa tidak mau membeli gabah mereka. Katanya harga gabah di pasaran anjlok dan juga di gudang stok gabah masih banyak,” terangnya kepada Momon.

Mendengarkan permasalahan ini, Momon mengaku terkejut. “Baru sekali ini saya mendengar di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, kalau gabah di petani tidak laku dijual,” imbuhnya. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Momon pun langsung menghubungi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, serta Direktur Pupuk dan Pestisida, Muhrizal Syarwani melalui telepon. Kepada Muhrizal, Momon meminta agar segera menyelesaikan masalah ini. Permintaan sendiri direspon Muhrizal dengan segera menindaklanjuti permasalahan yang ada di Desa Serawi Puting tersebut.

Selain itu, Momon juga menyampaikan permasalahan kepada Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang untuk segera menyelesaikan tiga poin permasalahan sebagai pekerjaan rumah BBPP Binuang. “Saya berpesan kepada kepala balai (BBPP, red) dan Korwid agar secepatnya menyelesaikan masalah yang ada di Desa ini. Pertama adalah masalah penjualan gabah, kedua indeks pertanaman, dan yang ketiga adalah masalah provitas,” jelas Momon.

Kunjungan Momon ke Desa Serawi ini sendiri turut didampingi Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, Kepala Sekolah Menegah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMKPP) Banjarbaru, Suherman, Koordinator Widyaiswara (Korwid) BBPP Binuang, Toni Nugraha, serta Kepala Subbag Perlengkapan dan Instalasi BBPP Binuang, Muhammad Idrus.[bayu/ihsan]

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *