Lagi, BBPP Binuang Gelar Bimtek Di Kabupaten Banjar

Category:
MARTAPURA, HUMAS – Bimbingan teknis (Bimtek) manajemen kelompok tani kembali digelar Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalimantan Selatan.
Kali ini, Sabtu (9/2/2019), Bimtek dilangsungkan di Desa Keliling Benteng, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Peserta sendiri berasal dari perwakilan pengurus kelompok tani Desa Keliling Benteng.
Bimtek manajemen kelompok tani ini bertujuan untuk menyiapkan kelembagaan petani mengelola program yang digulirkan oleh pemerintah yang mana dikemas dalam program #Serasi atau anonim dari Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani
Untuk fasilitator Bimtek ini terdiri dari dua orang Widyaiswara BBPP Binuang, yakni Ir Sukadi  MP dan Soleh Wahyudi SST, M.I.Kom.
Dalam pelaksanaan Bimtek  ini, peserta dibekali materi-materi yang terkait dengan penguatan kelompok tani.
“Harapan kami kelompok tani tidak hanya semangat menerapkan materi Bimtek ketika menerima program ini saja, tetapi dapat diterapkan secara terus menerus,” tutur Sukadi.
Tidak hanya teori, peserta juga dibimbing untuk mempraktikkan membuat pembukuan kelompok tani.
Di akhir sesi, sebagai rencana aksi setelah Bimtek, peserta diwajibkan untuk; 1. Menetapkan sekretariat kelompok; 2. Membuat papan nama kelompok; 3. Mengadakan rapat dengan bahasan: a) Menyusun kembali pengorganisasian kelompok; b) Menyusun aturan kelompok; c) Menyusun rencana kegiatan kelompok.
“Untuk mendukung penerapan Bimtek manajemen kelompok tani ini, penyuluh pertanian juga diminta untuk terus membina kelompok taninya agar program-program yang digulirkan, utamanya #Serasi, dapat disukseskan,” pungkas Sukadi.[abs/sw]
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *