Kepala BBPP Binuang: Lebih Ringan Dengan Berkelompok

Category:

BULUNGAN, Diinisiasi Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, buka puasa bersama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) digelar di Gunung Putih, Kecamatan Tanjung Palas, Kamis (7/6/2018).

Buka puasa bersama ini turut dihadiri Kepala BBPP, Kepala BPTP, Kapolda Kaltara, dan manajemen Bank Kaltimtara. Untuk menuju lokasi buka puasa ini, rombongan harus menempuh waktu 30 menit, tepatnya dari Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, secara bergantian.

Dalam kata sambutannya, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang,┬áDR Ir Yulia Asni K, M.Si┬ámenekankan perlunya kelompok tani sebagai wadah usaha bersama bagi setiap anggotanya. “Dampak positif usaha tani yang dikelola secara berkelompok, seperti tenaga yang dikeluarkan saat pengolahan pun jadi terasa lebih ringan. Proses pembiayaan seperti pupuk maupun alat-alat pertanian bisa ditanggung bersama,” tuturnya.

Terlebih lagi, lanjut Yulia, sekarang pemerintah mengalakkan program kesejahteraan dari kalangan bawah. Tak mengherankan kalau setiap kelompok mengajukan bantuan pada pemerintah akan mudah sekali mendapat suntikan dana. “Apalagi sekarang juga bank daerah hadir di tengah tengah kita. Ketika usaha tani dalam negeri berkembang pesat, seluruh rakyat Indonesia pun akan merasakan dampak positifnya,” jelasnya.

Menurut Yulia, mungkin betul pada hari ini ada yang malu kalau bekerja sebagai petani. Tetapi tataplah ke depan. Semua sektor industri pasti tidak akan berjalan dengan baik saat produksi pertanian melempem. “Mulai sekarang singkirkan ego dan kepentingan pribadi. Singsingkan lengan baju dan mulailah dengan kelompok tani,” tandasnya.

Gapoktan yang berlokasi di daerah gunung putih ini sendiri diketuai oleh Mangen, tepatnya sejak tiga tahun silam. Keberadaan Bank Kaltimtara juga cukup strategis, mengingat bank daerah ini siap mengucurkan dana untuk membantu para kelompok tani dalam menunjang kelangsungan usaha petani. (tata/bayu)

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *