Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Terampil Angkatan VI

Category:

BBPP BINUANG KALSEL – Sebanyak 29 orang ANS Penyuluh Pertanian mengikuti Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Terampil di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan diklat dilaksanakan selama 21 hari efektif dari tanggal 18 Juli sd 07 Agistus 2018.
Dalam sesi pembukaan rabu. 18 Juli 2018 di Aula Gitaan. Kasie Penyelenggaraan Pelatihan Aparatur BBPP Binuang, Saraswati mengatakan diklat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap bagi penyuluh pertanian. Sehingga nantinya mereka memiliki kemampuan dalam melaksanakan tupoksi penyuluhan sesuai dengan peraturan.

Selain itu juga memberikan wawasan berpikir secara komprehensif bagi penyuluh, dan menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi, organisasi, tata kerja dan tata hubungan kerja penyuluh pertanian,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BBPP Binuang Yulia Asni Kurniawati mengatakan diklat dasar bagi penyuluh pertanian khususnya ANS ditujukan untuk memberikan motivasi dan penghargaan kepada penyuluh pertanian agar mampu meningkatkan kinerjanya.

Lebih lanjut Yulia demikian sapaan akrabnya mengatakan bahwa peningkatan kualitas maupun kuantitas komoditas pertanian tentu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik alam, akses permodalan, SDM, teknologi dan lain sebagainya. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BBPP Binuang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, maka peningkatan kualitas SDM melalui Diklat Fungsional PP Terampil adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan agar menghasilkan aparatur bidang pertanian yang mampu menjalankan peran pengaturan fasilitasi, sehingga memotivasi para petani menjadi lebih kreatif, inovatif, mandiri serta mampu memanfaatkan IPTEK dan sumberdaya lokal untuk menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing tinggi.

Hal tersebut ditempuh antara lain melalui penjenjangan karir yang diatur dalam Permenpan nomor PER/02/MENPAN/2/2008 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian dan Angka Kreditnya.

Berdasarkan Permenpan ini, jenjang jabatan fungsional penyuluh pertanian terdiri atas penyuluh pertanian terampil dan penyuluh pertanian ahli. Dalam aturan tersebut juga telah ditetapkan pengaturans pendidikan dan pelatihan dalam jabatan bagi para penyuluh.

Sebelum mengakhiri acara pembukaan, ka Balai sambil berkelakar bertanya tentang Indikator keberhasilan penyuluhan, yang secara serentak dijawab oleh para calon peserta nah karena sudah bisa menjawab maka sudah pasti kalian memperoleh tunjangan. (ts)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *