Pelepasan Siswa Magang Di P4S Karya Baru Mandiri Kotawaringin Barat

Category:
PANGKALAN BUN, HUMAS – Pelepasan pelatihan siswa-siswi magang Angkatan ke-6 Tahun 2019 digelar di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadana (P4S) Karya Baru Mandiri, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah.
Kegiatan ini dihadiri Kasi Program dan Kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertaninan (BBPP) Binuang; Agus Sumantri SP, Ketua P4S Karya Baru Mandiri; Syahrian, Paul Boon dan Esnawan Budisantoso PhD dari Indonesia-Australia Commercial Cattle Breeding Program (IACCB), Perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Tanah Laut, serta guru pembimbing SMK Negeri 01 Sukamara.
Dalam Sambutannya, Agus Sumantri SP memaparkan, BBPP Binuang mempunyai program, selain dari kegiatan pelatihan. Program ini dilakukan di wilayah kerja BBPP Binuang mengenai Bimbingan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S).
“P4S ini diharapkan menjadi pusat pelatihan dan pemagangan di kabupaten/kota domisili P4S berada, sesuai dengan komoditi yang diusahakan P4S tersebut. Salah satunya, P4S Karya Baru Mandiri,” terang Agus.
Menurut Agus, peran tani milenial sangat pentingnya. Tani milenial adalah petani yang berusia 18 hingga 45 tahun. Karena itu, siswa magang diharapkan menjadi petani milenial sebagai penerus petani muda yang beroreantasi pada teknologi alat mesin pertanian modern.
Di momen ini, Paul Boon berharap program IACCB yang ada di P4S Karya Baru Mandiri dapat menjadi tempat percontohan bagi masyarakat yang ada di Kotawaringin Barat dan seluruh pengelola P4S yang ada di wilayah binaan BBPP Binuang, dalam hal pembiakan anak sapi Australia.
Secara terpisah, Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si di sela menghadiri rapat pimpinan lingkup BPPSDMP di Jakarta menyampaikan pesan bahwa BBPP Binuang akan menumbuhkan dan membina P4S yang ada di wilayah binaan BBPP Binuang menjadi Pusat Pelatihan Perdesaan yang kompeten, sesuai bidang usahanya di seluruh Kalimantan sesuai dengan mandat wilayah kerja BBPP Binuang.
Sementara itu, Syahrian, Ketua P4S Karya Baru Mandiri menuturkan, kegiatan siswa magang Angkatan ke-6 di P4S Karya Baru Mandiri berlangsung selama tiga bulan,  mulai 2 Februari hingga 2 Mei 2019.
“Siswa-siswi magang berasal dari SMK Negeri 01 Sukamara dan SMK Lamandau,  dengan jumlah 21 orang,” imbuhnya.
Syahrian berharap ke depan siswa-siswi magang di P4S Karya Baru Mandiri dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk menjadi petani melenial yang tangguh.[agus/irfan/bayu]
Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *