Persiapkan Generasi Cerdas di Wilayah Perbatasan, BBPP Binuang Laksanakan Latihan Rumah Pangan Lestari Angkatan I

Category:

SAMBAS, KEHUMASAN – Pelatihan Tematik Rumah Pangan Lestari Angkatan 1 dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sungai Keramat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Rabu (30/3/2019).

Pelatihan ini 30 orang peserta dari kelompok tani, kelompok wanita tani dan penyuluh pendamping di Kecamatan Teluk Keramat.

Kegiatan edukasi ini dibuka Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Urai Joni Silais.

Dalam sambutannya, Urai yang mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas menyampaikan program READSI, yaitu program pemberdayaan di wilayah perbatasan.

Untuk daerah di Kabupaten Sambas terdapat 3 kecamatan sebagai kecamatan Penyangga, yaitu Kecamatan Paloh sebagai Kecamatan Utama dan Kecamatan Teluk Keramat dan Kecamatan Tangaran.

“Program yang ditekankan pada kegiatan Rumah Pangan Lestari bertujuan untuk memenuhi kecukupan pangan keluarga terutama di daerah perbatasan,” jelas Urai.

Menurutnya, dengan kecukupan pangan duharapkan dapat mendukung kecukupan gizi keluarga. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan jangka panjang.

“Kegiatan ini digunakan untuk menyiapkan generasi penerus yang sehat dan cerdas,” imbuhnya.

Kegiatan Rumah Pangan Lestari ini sendiri berupa kegiatan penganekaragaman pangan dalam rangka pemanfaatan pekarangan. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meluas menjadi suatu kawasan rumah pangan lestari.

Sementara itu usai pembukaan, Kepala Balai Besar Pelatihan (BBPP) Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si mengarahkan kepada kelompok tani dan penyuluh pendamping untuk menggali potensi pengembangan komoditas di Rumah Pangan Lestari sesuai dengan daerahnya.

“Dari potensi tersebut akan disusun pengembangan Rumah Pangan Lestari di wilayah masing-masing,” tutupnya.[bayu/jiry]

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *