Kepala BBPP Binuang: Petani adalah Pejuang Pangan

Category:

 

Banjar, 3 Juli 2018. “Petani adalah pejuang pangan”. Demikian, disampaikan oleh kepala BBPP Binuang DR. Yulia Asni Kurniawati dalam sambutannya di acara pembukaan pelatihan tematik karet di BPP Mataraman Banjar.

Pelatihan tematik dilaksanakan dlm rangka mendukung program peremajaan karet dengan menerapkan sistem tanam jarak ganda. Dengan sistem tanam jarak ganda dimungkinkan dikembangkannya sistem diversifikasi dan integrasi berbasis karet. Dalam kondisi kepemilikan lahan pertanian yang terbatas, diversifikasi dengan berbagai tanaman pangan atau ternak adalah pilihan yang baik untuk dilakukan sehingga seluruh tujuan usahatani untuk mendapatkan uang tunai, bahan pangan, dan menekan resiki gagal dapat terwujud.
“Latihan ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dgn menyediakan anggaran untuk meningkatkan kompetensi petani dlm mengelola usahatani diversifikasi berbasis karet” lanjut Dr. Yulia.

Sementara dalam sambutannya kepala Disnakbun, Ir. H. Dodin Bekti, mengungkapkan bahwa 40 rb hektar kebun karet di wilayah kab Banjar, 25 rb adalah karet rakyat. Seluas 1200 ha layak untuk diremajakan.

Dalam bincang-bincang dengan beberapa petani terungkap keinginan untuk menerapkan sistem tanam ganda yang direkomendasikan. “Saya akan menjadikan tanaman pisang dan cabai sebagai tan sela karena akan lebih menguntungkan” tutur Hery Supriati salah satu peserta wanita dari Karang Intan.

Pelatihan akan berlangsung selama 4 hari dari tgl 3 sd 6 Juli 2018, diikuti oleh 30 orang. (mbs)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *