Praktek Kompetensi Latsar PP Trampil Angkatan VII di Kec Loa Kulu

Category:

LOA KULU, BBPPBINUANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (UPTD BPPSDM) Provinsi Kalimantan Timur, dari 2 sampai dengan 6 Agustus 2018, menurunkan 33 orang peserta Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara dalam rangka praktek kompetensi sebagai upaya mengimplementasikan teori yang didapatkan selama di kelas dengan situasi nyata di lapangan. Mereka ditempatkan di tiga desa yakni Desa Rempanga, Desa Sumber Sari 1, dan Desa Sumber Sari 2.

Praktek kompetensi dibimbing langsung oleh Widyaiswara Profesional di masing- masing kelompok, diawali dengan melakukan evaluasi programa desa tahun sebelumnya sebagai upaya untuk mengetahui kegiatan apa saja yang belum dan sudah dilaksanakan tetapi pencapaiannya tidak efektif dan efisien, kegiatan pun berlanjut dengan analisis keadaan berupa pengumpulan data sekunder beserta data primer. Penggalian data primer dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara semi struktural untuk mendapatkan informasi keadaan, potensi, dan permasalahan langsung dari petani yang berhubungan dengan pembangunan pertanian dan di desa tersebut.

Kegiatan simulasi Rembugtani dilakukan untuk menjaring dan menyaring aspirasi petani yang hasilnya bisa menjadi usulan-usulan kegiatan baik kualitatif dan indikatif dalam Musrenbangdes.

Peserta juga merumuskan programa di tingkat desa secara partisipatif dengan melibatkan petani, sekaligus diskusi memecahkan masalah prioritas yang muncul dalam programa yang telah dirumuskan.

Melalui praktek kompetensi ini diharapkan peserta memiliki pemahaman lebih baik tentang mekanisme penyusunan programa penyuluhan pertanian
sebagaimana diatur dalam permentan no. 47 th 2016 tentang pedoman penyusunan programa penyuluhan pertanian. (toni/abs)

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *