Program Brigade Alsintan Dinas Pertanian Bikin Petani Bergairah

Category:

BATULICIN, BBPP Binuang – Combine harvester, merupakan salah satu jenis Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang saat ini dianggap sebagai solusi sebagai upaya efisiensi agroinput. Manfaatnya juga sangat dirasakan petani di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Fakta ini diungkapkan Aras, salah seorang petani yang memiliki lahan sawah seluas 4 hektare di wilayah Desa Segumbang, Kecamatan Batulicin. Bapak ini menggunakan Alsintan bernama Combine Harvester untuk digunakannya dalam panen kali ini.

Menurut Aras, Jumat (6/4/2018)memang saat ini combine harvester merupakan teknologi yang harus digunakan untuk menjawab kendala yang dihadapi, misalnya semakin turunnya tenaga kerja, tingginya upah panen.

Dari keterangan Aras, brigade Alsintan yang diprogramkan dari Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu sudah tepat bahkan sangat membantu para petani. Alasannya untuk meminjam sewa Alsintan dari brigade Alsintan ini banyak keuntungannya.

Selain mudah, biayanya juga cukup murah, yaitu hanya Rp9.000 per karung. Itupun operatornya sudah disiapkan oleh Dinas Pertanian. Karena itu, melalui program ini petani akan lebih banyak mendapatkan keuntungan.

“Untuk panen padi kali ini saya mendapatkan produktifitas yang hasilnya mencapai 6 ton per hektare. Harga gabah kering panen pun cukup baik, yaitu Rp4000,” tuturnya.[rilis/swd]

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *