Program #SERASI, Tanam Benih Padi Inpara 3 Dengan Sistem Sebar

Category:

MARTAPURA, HUMAS – Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau disingkat Serasi mulai digulirkan Balai Besar Penyuluhan Pertanian (BBPP) Binuang.

Kali ini penanaman benih inpara 3 dengan sistem sebar yang tak lain sebagai bagian untuk mendukung program Serasi tersebut dilakukan di Desa Tajau Landung, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Selasa (8/1/2019).

Kegiatan diawali dengan pengeringan lahan, mengingat kedalaman air di lahan ini sekitar 15 sampai 20 sentimeter. Setelah lahan macak-macak, dapat disebar dengan benih. Penebaran benih dilakukan pada petak 6 dan 7 seluas 1 hektare.

BPPSDMP dalam hal ini diwakili BBPP Binuang dan SMK PP Banjarbaru, berperan menggerakkan petani untuk memanfaatkan lahan rawa menjadi lahan produktif.

Penebaran benih dilakukan oleh petani bersama dengan tim BPPSDMP, Kepala BPTP Kalsel beserta jajarannya, Direktur Tanaman pangan, Wakil Ketua Serasi Kalsel, Balitrra dan tim lainnya.

“Tindakan selanjutnya adalah pembentukan kelompok usaha bersama (KUB),” terang Widyaiswara BBPP Binuang, Ramadhani Kurnia Adhi SP MS.

Ramadhani mengatakan, selain pembentukan KUB, dilanjutkan dengan penetapan pengurus dan pemilihan manajer, penetapan peserta pelatihan, pelaksanaan pelatihan, pembentukan kelompok pemuda tani, didukung kegiatan pembinaan, pendampingan dan pengawalan, dengan monitoring dan evaluasi rutin.[bayu/mk]

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *