Sepakat, BBPP Binuang-Disbun Kukar Tingkatkan Kompetensi ASN Penyuluh Pertanian

Category:

BINUANG, HUMAS – Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang bersama dengan Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kesepakatan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) penyuluh perkebunan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam kunjungan kerja ke BBPP Binuang, Senin (18/2/2019), Kepala Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara, Akhmad Taufik Hidayat SIP MM mengatakan, Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara menyerahkan sepenuhnya kepada BBPP Binuang untuk meningkatkan kompetensi  penyuluh perkebunan di Kutai Kartanegara.

“Kami serahkan sepenuhnya kepada BBPP Binuang untuk meningkatkan kompetensi¬† penyuluh perkebunan, melalui pelatihan penjenjangan penyuluh dan pelatihan teknis yang mendukung peningkatan SDM dan kinerja penyuluh,” terangnya.

Akhmad memaparkan, secara keseluruhan Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara hanya memiliki empat penyuluh perkebunan sejalan dengan upaya BBPP Binuang membuka diri untuk menyiapkan dan mencetak penyuluh pertanian maupun perkebunan di tingkat terampil, ahli maupun alih kelompok pada seluruh provinsi di wilayah kerja BBPP Binuang.

Di mana, lanjut Akhmad, BBPP Binuang menyiapkan dan memfasilitasi pelaksanaan pelatihan penjenjangan penyuluh terampil, penyuluh ahli maupun alih kelompok dengan membuka kelas khusus, melalui dana APBD akan menyelenggarakan kegiatan pelatihan penjenjangan tersebut.

“Kami berkeinginan untuk mengikutkan calon tenaga penyuluh perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara, melalui dana APBD mendaftarkan petugas ASN-nya untuk mengikuti pelatihan penjenjangan penyuluh dasar terampil,” jelasnya.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si menjelaskan, BBPP Binuang adalah lembaga yang berada di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian adalah lembaga yang bertugas untuk mencetak ASN penyuluh pertanian, perkebunan dengan fasilitas dan tenaga widyaiswara yang kompeten untuk melaksanakan Pelatihan Penjenjangan Bagi Penyuluh.

Di BBPP binuang, selain diajarkan tentang pelatihan penyuluh, juga difasilitasi sarana untuk ASN yang dilatih mendapatkan materi perilaku pertanian secara langsung.

“BBPP Binuang juga merupakan lembaga penerbit sertifikat penjenjangan penyuluh yang diakui untuk peningkatan karier ASN Penyuluh,” tutur Yulia.

Dalam kunjungan ini, Kepala BBPP Binuang dengan Kepala Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara ini, bersepakat mengikutkan 20 ASN calon penyuluh perkebunan Kutai Kartanegara untuk menjalani kelas khusus pelatihan dasar terampil pada Maret 2019.[bayu/sumantri]

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *