Sub Bagian Kepegawaian dan RT Sosialisasi EKinerja Versi 2

Category:

Proses kepegawaian kini tak lagi dilakukan secara konvensional. Seiring kemajuan teknologi digital, kini proses kepegawaian dilakukan serba otomatis dan elektronik digital.

Untuk mengukur kinerja pegawai, mulai April 2019 Kementerian Pertanian mulai menerapkan E-Kinerja Versi 2 pembaharuan dari versi lama. Aplikasi E-Kinerja ini sendiri berfungsi untuk mencatat atau mendokumentasikan kegiatan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) saat menjalankan tugas dan membantu pimpinan memonitor serta mengukur kinerja pegawainya.

Undang-undang ASN Nomor 5 Tahun 2014, pasal 80 ayat 3 menyebutkan; tunjangan kinerja dibayarkan sesuai dengan pencapaian kinerja yang melatarbelakangi dibuatnya aplikasi EKinerja.

Tunjangan kinerja diberikan dengan memperhitungkan capaian kinerja pegawai setiap hari, setiap bulan yang dituangkan dalam aplikasi berbasis web yaitu E-Kinerja.

“Dengan adanya penerapan E-Kinerja, ASN mengetahui apa yang dikerjakan setiap hari, dan tercatat dalam aplikasi,” ungkap Endang Retno Iriani, Kepala Sub Bagian Kepagawaian dan Rumah Tangga Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang saat sosialisasi E-Kinerja dan pengisian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) 2019, di Aula Bangkinang BBPP Binuang, Jumat (29/3/2019).

 

Karena itu, lanjut Endang, agar kegiatan terdokumentasi dengan baik, maka tulis apa yang dikerjakan, dan kerjakan apa yang ditulis.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si mengharapkan seluruh ASN mengetahui apa itu E-Kinerja, dan bagaimana menyusun SKP yang baik dan benar serta cara mengunggah data kepegawaian di SIMPEG.

“Dengan adanya penerapan E-Kinerja, ASN mengetahui apa yang dikerjakan setiap hari, dan tercatat dalam aplikasi,” terangnya.

Menurut Yulia, ASN dapat melakukan kegiatan yang tertata dan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan atasan langsung dapat memonitor kinerja bawahannya, serta beban pekerjaan organisasi akan terlihat dengan jelas.

Pada kesempatan ini, seluruh pegawai diajak melakukan simulasi bagaimana cara-cara menginput SKP elektronik agar bisa terisi dengan baik dan benar pada aplikasi e-kinerja. Aplikasi berbasis online ini sangat membutuhkan koneksi internet baik.[bayu]

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *