Tingkatkan Hasil Pertanian, Bupati Mardani Jalin Kerjasama Dengan LPPM IPB

Category:

BATULICIN, BBPP Binuang – Panen raya dilakukan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming di Desa Pakatellu Kecamatan Kusan Hilir, Sabtu (7/4/2018) pagi. Pada panen padi tersebut, Mardani turut didampingi Wakil Bupati Sudian Noor dan Forkopimda Tanah Bumbu.

Kegiatan panen padi ini turut dirangkai dengan penyerahan bantuan secara simbolis Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang bersumber dari APBD dan APBN.

Mardani mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk menjadikan pertanian sebagai program unggulan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, lanjut Mardani, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam pengembangan sentra produksi pertanian yang dilaksanakan di Tanah Bumbu.

“Dalam waktu dekat, banyak profesor dan para ahli pertanian dan peternakan datang ke Tanah Bumbu. Merekalah yang nantinya membantu kita dalam pengembangan sentra produksi pertanian,” ungkap Mardani.

Menurut Mardani, untuk pembangunan pertanian ini, Pemkab Tanah Bumbu juga menjalin kerjasama dengan pihak swasta. Saat ini, di Tanah Bumbu dibangun pabrik penggilingan padi milik swasta. Operasional pabrik ini membutuhkan tenaga listrik yang besar. Bahan baku operasionalnya bisa diolah dari sekam padi, sehingga sisa pertanian tidak ada yang terbuang.

Di samping itu, lanjutnya, juga terdapat pabrik bibit unggul padi. Bibit tersebut sudah ada di gudang dan jika petani mau menggunakan bibit unggul itu maka akan diberi. Untuk hasil panennya dibeli oleh pihak perusahaan, sehingga petani tidak perlu khawatir dalam hal pemasarannya.

“Jika ditanam, bibit unggul ini hasilnya bisa mencapai 7 ton per hektarnya,” kata Mardani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu, H Setia Budi menyambut baik dengan dilaksanakannya panen raya padi oleh petani yang ada di Desa Pakatellu.

Terkait bantuan Alsintan, Setia Budi mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari dana APBD dan APBN. Bantuan tersebut berupa bantuan traktor roda dua diserahkan kepada Upja Mekar Tani Desa Pakatellu, dan bantuan alat tanam jagung dan kedelai kepada Kelompok Tani Mekar Sari Desa Saring Sungai Bubu.

Kemudian untuk bantuan pompa air kepada Kelompok Tani Pammasena Desa Pakatellu, nantuan kultivator kepada Kelompok Tani Siporennu Desa Pakatellu, bantuan pembangunan jaringan irigasi Gapoktan Rukun Tani Desa Saring Sungai Binjai, pembayaran klaim AUTP Kelompok Tani Sidodadi dan Kelompok Tani Badur Jaya Desa Karang Mulya.

Oada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan Penyuluh Pertanian Berprestasi Tanah Bumbu kepada Dewinta Marintan.[joni/mia]

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *