Tutup Pelatihan Tematik Rumah Pangan Lestari, Ini Pesan Kepala BBPP Binuang,,,!

Category:

SANGGAU, HUMAS Pelatihan Tematik Rumah Pangan Lestari bagi Pengurus Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Pengurus Dasa Wiswa dari sebelas Desa se-Kecamatan Kembayan yang digelar selama tiga hari, 10 hingga 12 April 2019, resmi ditutup Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, Jumat (12/4/2019).

Di momen terakhir pelatihan ini, Yulia mengungkapkan, Kementerian Pertanian telah menyusun konsep Model Kawasan Rumah Pangan Lestari yang merupakan himpunan dari Rumah Pangan Lestari (RPL).

“Konsep RPL, yaitu rumah tangga dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, Sri Lestari Margaretha mengaku sangat bangga dan senang telah mengikuti pelatihan ini.

“Pangan adalah kebutuhan dasar yang dibutuhkan semua orang. Itulah yang membuat pelatihan begitu menjadi penting karena akan dapat menambah pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat,” jelasnya.

Lestari bahkan berharap usai pelatihan dilakukan pendampingan. ‚ÄĚKami berharap untuk pihak pemerintah setelah dari selesai pelatihan ini, agar tetap dan terus dilakukan pendampingan, pembinaan, pemberian motivasi” harap Sri Lestari.

Pelatihan Tematik Rumah Pangan Lestari Angkatan II di Sanggau yang diikuti 30 peserta ini sendiri merupakan kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang dengan Dinas Ketahanan Pangan TPH Perikanan Kabupaten Sanggau, BBPP Binuang menggalakkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).[bayu]

Bagikan :

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *